Sabtu, 19 November 2016

Tari Gandrung Banyuwangi

Kata " Gandrung " diartikan sebagai terpesonanya masyarakat Blambangan yang agraris kepada Dewi Sri sebagai Dewi Padi yang dipercaya membawa kesejahteraan bagi masyarakat. Tarian Gandrung Banyuwangi ini dibawakan sebagai perwujudan rasa syukur masyarakat setiap ssetelah memanen padi. Tari Gandrung ditarikan secara berpasangan antara tari perempuan ( penari gandrung ) dan penari laki-laki ( pemaju ).

Tari Gandrung sering dipentaskan pada berbagai acara, antara lain: perkawinan, khitanan, peringatan 17 Agustus dan acara-acara resmi maupun tak resmi lainya baik di daerah Banyuwangi maupun di luar Banyuwangi.

Tata Busana Tari Gandrung Baanyuwangi memiliki ciri khas tersendiri yang memiliki unsur perpaduan kerajaan Blambangan di Banyuwangi. Busana untuk bagian tubuh penari terdiri atas: baju dari kain bludru berwarna hitam yang dihiasi dengan ornamen berwarna kuning emas, serta manik-manik berwarna mengkilat dan berbentuk leher botol yang melilit leher hingga dada. Di bagian leher tersebut dipasang ilat-ilatan yang menutup tengah dada. Pada bagian lengan dihias masing-masing dengan 1 buah kelat bahu dan bagian pinggang dihias dengan ikat pinggang dan sembing. Sedangkan slendang dikenakan di bahu.


Penari gandrung memakai kain batik dengan bermacam-macam corak. Sedangkan dibagian kepala dihiasi dengan mahkota yang disebut omprok, yaitu mahkota yang terbuat dari kulit kerbau yang disemak dan diberi ornamen berwarna emas dan merah serta diberi ornamen tokoh Antasena, putra Bima berkepala manusia namun berbadan ular. Pada mahkota tersebut diberi ornamen berwarna perak yang berfungsi seolah-olah membuat wajah penari menjadi bulat telur. Serta ditambahkan ornamen bunga ( cundhuk mentul ).





Musik pengiring tari Gandrung merupakan perpaduan antara gaamelan jawa daan gamelan bali. Pertunjukkaan Gandrung yang asli terdiri atas:
  1. Jejer: Bagian pembuka pertunjukan Gandrung. Pada bagian ini, penari menyanyikan beberapa lagu dan menari secara solo.
  2. Maju: Penari mulai memberikan selendangnya kepada tamu. Tamu-tamu pentinglah yang diberikan kesempatan untuk menari terlebih dahulu bersama penari. Biasanya penari dan para tamu menari dengan membentuk bujur sangkar. Penari gandrrung ini menari dengan gerakan yang menggoda. Itulah esensi tari gandrung, yaitu tergila-gila atau hawa nafsu. Kemudian penari akan mendatangi tamu untuk memilihkan lagu yang akan dibawakan oleh penari.
  3.  Seblang subuh: Bagian ini merupakan penutup dari rangkaian tari gandrung. Setelah melakukan jejer dan maju, kemudian beristirahat sejenak dan dimulailah seblang subuh. Seblang subuh ditarikan dengan gerakan perlahan, lemah lembut dan penuh penghayatan, sambil membawa kipas yang dikibas-kibaskan. Penari juga sambil menyanyikan lagu bertema sedih, seperti seblang lokento.

Referensi: https://id.m.wikipedia.org/wiki/tari-gandrung
Share:

2 komentar:

  1. Did you realize there's a 12 word sentence you can say to your partner... that will trigger intense feelings of love and impulsive appeal to you deep inside his chest?

    Because deep inside these 12 words is a "secret signal" that triggers a man's instinct to love, look after and look after you with all his heart...

    ===> 12 Words Will Trigger A Man's Love Response

    This instinct is so built-in to a man's brain that it will drive him to try better than before to love and admire you.

    As a matter of fact, fueling this powerful instinct is so important to achieving the best possible relationship with your man that the instance you send your man one of the "Secret Signals"...

    ...You will immediately find him expose his mind and heart to you in a way he's never experienced before and he'll identify you as the only woman in the universe who has ever truly interested him.

    BalasHapus

Follow Us

Happy Birthday Party Balloons
Diberdayakan oleh Blogger.

About me

About Me

Ragam Tari Nusantara
Lihat profil lengkapku

JOIN THE TEAM

Popular Posts

Popular Posts

Recent Posts

Flag Counter

Unordered List

Love Valentine's Day Pumping Heart

Pages